Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Dumai Lakukan Pengawasan Loading Logistik Tahap II di Pelabuhan Pelindo Perawang

Bawaslu Dumai Lakukan Pengawasan Loading Logistik Tahap II di Pelabuhan Pelindo Perawang

Bawaslu Dumai Lakukan Pengawasan Loading Logistik Tahap II di Pelabuhan Pelindo Perawang

Minggu, 7 Januari 2024 Ketua Bawaslu Kota Dumai mendatangi Pelabuhan Pelindo Perawang, hal tersebut dilakukan berhubungan dengan Pengawasan Logistik Tahap II yang mana Kapal Pengangkut Logistik tersebut berlabuh di Pelabuhan Pelindo Perawang.

Pengiriman Logistik Pemilu 2024 terkait surat suara Pemilu berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Jika pada Pemilu sebelumnya pengiriman Logistik dalam hal surat suara dilakukan lewat jalur darat sejak dari perusahaan pencetak surat suara, maka logistik Pemilu 2024 untuk wilayah Riau pada umumnya dilakukan lewat jalur laut.

Agustri memastikan beberapa hal kepada pihak pelabuhan diantaranya mengenai kapan kapal pengangkut logisitik tersebut akan datang ke pelabuhan perawang. Kemudian terkait pelaksanaan bongkar muatan kapal logistik tersebut serta bagaimana nantinya proses pengantaran serta pengawalan surat suara sampai ke tempat tujuan.

Pihak pelabuhan menjelaskan bahwa Kapal yang membawa logistik surat suara untuk wilayah meranti dan dumai didistribusikan ke daerah masing-masing sekitar tanggal 12 Januari 2024 tergantung dengan cuaca. Terkait jadwal antri pembongkaran memang membutuhkan beberapa proses yang harus dilakukan, antara lain kordinasi dengan pihak ekspedisi yang sekaligus mengurus terkait surat-surat dan perijinan, kemudian dikawal, dibawa dengan truk kontainer.

Terkait ekspedisi yang akan membawa surat suara ke tempat tujuan dikabarkan yaitu ekspedisi BBC. Pelabuhan hanya sebagai penyedia jasa untuk singgah barang saja. Terkait proses bongkar muat kapal bisa 1 (satu) hari untuk proses bongkar dan 1 (satu) malam untuk proses muat, tergantung kondisi cuaca.

Reporter : Giri Sindoro