Lompat ke isi utama

Berita

Usai Ikuti Rakor Persiapan Pengawasan Tahapan Pilkada 2020, Bawaslu Dumai Akan Tingkatkan Kapasitas SDM Pengawas

Bawaslu Kota Dumai, Dumai - Bawaslu Provinsi Riau menggelar rapat koordinasi persiapan pengawasan tahapan lanjutan pilkada 2020. Rapat diikuti Bawaslu Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, di Aula Kantor Bawaslu Provinsi Riau Jl. Adi Sucipto Pekanbaru, Senin s.d Selasa (15-16/6/2020).

Rapat Koordinasi yang dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan, dihadiri Anggota Bawaslu Provinsi Riau Koordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Neil Antariksa, Koordiv SDM dan Organisasi Hasan, Koordiv Hukum, Data dan Informasi Amiruddin Sijaya, Koordiv Penindakan Pelanggaran Gema Wahyu Adinata, dan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau Anderson.

Usai Rakor tersebut Koordiv SDM, Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Kota Dumai, Supratman menyampaikan dalam melakukan persiapan Tahapan Lanjutan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020, Bawaslu Kota Dumai, akan menyusun Indeks Kerawanan Pilkada pada masa Covid 19 , dan juga memperkuat Indeks Kerawanan Kesehatan, demi amannya seluruh Jajaran Bawaslu Kota Dumai dari Penyebaran Virus Covid 19.

“Secara Yuridis Pilkada akan dilaksanakan 9 Desember 2020, namun demikian Kita akan memperhatikan kesiapan anggaran terutama terkait jaminan penerapan protokol kesehatan, disamping itu  Pekerjaan terbesar kita  adalah bagaimana turut serta meyakinkan kepada pemilih dan peserta bahwa penyelenggaraan Pilkada 2020 akan tetap berlangsung secara Luber Jurdil dan Aman walau dalam Kondisi Pandemi  covid 19, dan pekerjaan Kita selanjutnya adalah Bagaimana kita mensosialisasikan Pemilihan Walikota dan Wakli Walikota Dumai dengan  Penerapan Protokol Kesehatan Covid 19 kepada masyarakat,” ungkap Supratman.

[gallery columns="2" ids="2950,2951"]

Supratman  juga menyampaikan seluruh jajaran pengawas harus memahami bagaimana tata laksana pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 yang sesuai dengan protokol kesehatan demi menghindari Covid 19.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Dumai, Idris Sardi  menambahkan Bawaslu Kota Dumai akan berusaha semaksimal mungkin mengelola Dana Hibah Pilkada serasional mungkin, yang dimana Pengelolalan anggaran harus sudah mencakup anggaran untuk proses pengawasan tahapan Pilkada dan juga pengadaan APD bagi seluruh jajaran Pengawas sesuai protokol kesehatan.

Lebih lanjut idris mengungkapkan dari Rapat Koordinasi yang di gelar Bawaslu Riau mendapatkan Informasi dan arahan tentang pelaksanaan kampanye yang kemungkinan akan banyak dilaksanakan secara daring , untuk menyiasati itu, Bawaslu Kota Dumai akan berusaha mempersiapkan Anggaran untuk program Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas, terutama terkait penguasaan perkembangan Teknologi Informasi, yang natinya diharapkan agar Jajaran Pengawas dapat mengetahui bagaimana melakukan pengawasan secara daring, bagaimana mendeteksi konten konten hoax di media sosial.

“Misalkan kampanye yang dilakukan secara live di media sosial, selain mengikuti dan merekam secara streaming kita juga harus mendownload video tersebut sebagai barang bukti jika ada pelanggaran pada saat kampanye secara daring di media sosial,” Jelas idris.

Selain itu, Bawaslu Kota Dumai juga akan meningkatkan jalinan kerjasama dengan berbagai Media Seperti, media online, termasuk Media Masa, Media televisi, dan  Media radio yang ada di Kota Dumai dalam rangka mensosialiasikan pengawasan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020.

“Walaupun konvensional namun jaringan dari Media masa, televisi dan radio Lokal yang ada di Kota Dumai, dilihat masih dapat menjangkau sebagian banyak masyarakat pemilih yang ada di Kota Dumai” tutup Idris.

Reporter : Rommi
Tag
Berita
Juni News