Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Bawaslu Dumai Buka Stand Pojok Pengawasan Pilkada 2024

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Bawaslu Dumai Buka Stand Pojok Pengawasan Pilkada 2024

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Bawaslu Dumai Buka Stand Pojok Pengawasan Pilkada 2024
 

Dumai - Sukses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) salah satunya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya. Untuk mencapai hal itu, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Dumai membuka pojok pengawasan.

Pojok pengawasan berada di Sekretariat Bawaslu Kota Dumai, Jalan Putri Tujuh No.07, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Senin (01/07/2024).

Ketua Bawaslu Dumai Agustri, S.H.I, M.Sy mengatakan 
partisipasi pemilih bukan sekedar hadir di TPS tetapi masyarakat harus terlibat dalam pengawasan secara partisipatif dalam setiap tahapan sehingga Pemilu berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Masyarakat juga diharapkan berpartisipasi untuk mencegah terjadinya pelanggaran, memfilter berita-berita hoax tentang Pemilu, menolak praktek politik uang dan juga tidak saling hujat ketika berbeda pilihan dengan tidak menyebarkan ujaran kebencian sehingga Pemilu berjalan dengan damai dan riang gembira," ujar Agustri.

Dia menambahkan, pojok pengawasan sebagai wadah informasi masyarakat Kota Dumai khususnya, terhadap apa saja aturan serta teknis pengawasan yang dilakukan Bawaslu Dumai.

Ketua Bawaslu Dumai juga menjelaskan, Pemilu 2024 lalu memiliki ritme dan persoalan yang tidak jauh berbeda dengan Pilkada 2024 mendatang. Mulai tahapan pemilihan serentak hingga menuju puncaknya yakni pemungutan dan penghitungan suara.

Dibahas tentang pojok pengawasan, Ketua Agustri memaparkan sebagai pusat informasi, dan ilmu pengetahuan mengenai demokrasi dan pengawasan Pemilu. Manfaat tersebut bukan hanya diberikan bagi publik awam saja, namun juga penggiat dan pemantau pemilu, bagi para pemangku kepentingan Pemilu, terlebih bagi pengawas pemilu itu sendiri.

"Di pojok pengawasan itu, kami memiliki perpustakaan serta hasil-hasil pengawasan yang telah kami lakukan, tentunya didukung juga dengan regulasi dan literasi pemilu, dengan ruang baca dan sarana yang hangat dan nyaman bagi masyarakat yang akan datang ke pojok pengawasan," sebutnya.

Harapan dari kehadiran pojok pengawasan adalah pusat informasi dan ilmu pengetahuan untuk masyarakat mengenai demokrasi, Pemilu dan pengawasan Pemilu dapat meningkat. 

Reporter: Alfian