Lompat ke isi utama

Berita

SKPP Tingkat Dasar Tahun 2021 di Kota Dumai Resmi digelar

DUMAI - Kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar Tahun 2021, khususnya di titik Kota Dumai, Rabu (22/9) resmi digelar. SKPP yang diikuti para peserta dari Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis dan dipusatkan di ballroom The Zuri Hotel, Kota Dumai tersebut, dibuka secara langsung oleh Anggota Bawaslu Riau Neil Antariksa.

SKPP Tingkat Dasar tahun 2021 yang dilakukan secara tatap muka di Kota Dumai ini, diikuti seramai 50 peserta dari Kota Dumai dan 40 peserta dari Kabupaten Bengkalis. SKPP yang dilaksanakan di titik Kota Dumai ini sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan SKPP Tingkat Dasar yang dilaksanakan di provinsi Riau, yang sebelumnya sukses digelar di titik Kabupaten Kampar dan Kabupaten Siak.

Anggota Bawaslu Riau Neil Antariksa dalam sambutannya mentakan, bahwa kegiatan SKPP secara nasional tahun 2021 dilaksanakan di 100 titik di seluruh Indonesia. Khusus di Riau, SKPP dilaksanakan di tiga titik bagi 7 kabupaten/kota, meliputi Bengkalis, Dumai, Siak, Pekanbaru, Kampar, Kuantan Sengingi dan Kepulauan Meranti.

Lebih lanjut, Neil Antariksa yang juga menjabat Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Riau mengatakan, kegiatan SKPP yang dilaksanakan selama tiga hari di Kota Dumai ini akan dilengkapi dengan penyampaian berbagai materi terkait kepemliuan, penyelenggara Pemilu, partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan lain sebagainya. Para pemateri tidak hanya dari pihak internal Bawaslu, namun juga melibatkan narasumber lain selain internal Bawaslu, seperti LSM, pemantau Pemilu, termasuk dosen peguruan tinggi dan pihak lainnya.

“SKPP yang diselenggarakan di tahun 2021 ini merupakan tahun keempat. Pertama kali kegiatan ini dilaksanakan pada tahun 2018 dengan melibatkan 5 provinsi di pulau Jawa. Di tahun 2019 dilaksanakan di 15 provinsi, dan di tahun 2020 dilaksanakan di seluruh Indonesia dalam bentuk daring seiring mewabahnya pandemic Covid 19. Khusus di Riau, SKPP tahun 2020 lalu sukses digelar, bahkan ada peserta SKPP terbaik yang diikutkan pada SKPP di tingkat nasional,” sebut Neil Antariksa serata berharap agar seluruh peserta mengikuti kegiatan SKPP ini dengan baik sejak dibuka hingga berakhir nanti.

Dikatakan Neil Antariksa, para peserta yang mengikuti SKPP adalah gabungan seluruh ormas, organisasi kepemudaan, perwakilan organisasi mahasiswa, baik di internal maupun eksternal kampus. Bahkan pesertanya juga melibatkan seluruh komponen pemuda dan masyarakat, termasuk adanya keterwakilan perempuan dan disabilitas sebagaimana diamanahkan dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Setelah ini akan ada SKPP Tingkat Menangah yang dilaksanakan nantinya di Kota Pekanbaru. Dari tujuh kabupaten/kota yang menjadi peserta SKPP Tingkat Dasar tahun 2021 ini, setiap daerahnya nanti akan dipilih 5 orang peserta terbaik dan kemudian diikutkan pada kegiatan SKPP Tingkat Menengah tersebut. Setelah itu, akan dipilih lagi 5 peserta terbaik dan akan diikutkan pada SKPP Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Jakarta,” imbuh Neil Antariksa.

Seperti dikatakan Neil Antariksa lagi, tidak hanya kegiatan SKPP yang dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu maupun Pilkada, berbagai bentuk kegiatan bersifat partisipatif lainnya juga berkali-kali dilaksanakan, seperti kegiatan pojok pengawasan, kampung pengawasan, perempuan pengawas dan lain sebagainya.

Di bagian akhir, Neil Antariksa juga mengajak semua pihak dan komponen masyarakat agar bersama-sama Bawaslu dalam mengawal Pemiliu maupun Pilkada bagi tegaknya proses demokrasi. Berbagai hal terkait munculnya potensi pelanggaran pada seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu/Pilkada meski diawasi bersama, seperti adanya pelanggaran netralitas ASN, money politik, dan lain sebagainya. Hal ini penting bagi mencegah terjadinya potensi pelanggaran agar seluruh tahapan berjalan sesuai peraturan dan perundang-undang yang berlaku.

Sebelumnya, Anggota Bawaslu Riau Amirudin Sijaya dalam sambutannya menyebut, SKPP yang dilaksanakan ini merupakan program unggulan Bawaslu RI yang didukung penuh oleh pemerintah (Bapenas), sehingga dalam kondisi apapun, program yang baik bagi mengedukasi masyarakat tentang kepemiluan dan penyelenggaan Pemilu ini, tetap diupayakan agal dilaksnaakan secara maksimal.

“Kita sadar bahwa keterbatasan dana, tenaga, waktu maupun SDM, namun SKPP perlu dilaksanakan bagi menularkan pengawasan kepada masyarakat. Diharapkan setelah kegiatan ini diikuti, peserta memiliki pengetahuan tentang kepemiluan/pemilihan, yakni bagaimana bisa mendorong dan mendongkrak kualitas demokrasi kita,” tegas Amirudin Sijaya.

“Nah, jika ada penyelenggara Pemilu yang diketahui melanggar aturan, silahkan lapor bagi mewujudkan transparansi penyelenggara Pemilu. Peserta SKPP selain diharapkan menjadi pengawas, juga menjadi pemilih yang cerdas dan partisipatif.

Sementara itu Walikota Dumai yang diwakili Asisten III Administrasi Umum, Muhammad Syafii dalam sambutan singkatnya menyatakan, bahwa peran masyarakat dalam demokrasi sangat diperlukan. Partisipasi masyarakat tidak hanya dibuktikan dengan hadirnya mereka di TPS, juga di setiap tahapan pemilu. Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ini bagi mendorong partisipatif. SKPP katanya, sangat penting dilaksanakan secara berkala dan berkeinambungan agar partispasi masyarakat semakin meningkat bagi bersama-sama mengawasi Pemilu maupun Pilkada.

Selain diramaikan oleh para peserta SKPP, pembukaan SKPP yang ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta, kegiatan ini turut dihadiri sejumlah pejabat dan unsur Forkompinda Kota Dumai, Ketua, Anggota serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Dumai dan Bawaslu Kabupaten Bengkalis, pihak Bawaslu RI, serta undangan lainnya. Prosesi pembukaan SKPP di Kota Dumai ini juga turut dimeriahkan dengan tarian persembahan serta pemutaran video SKPP, serta video pesan dan kesan sejumlah alumni SKPP tahun 2020.

Sebagaimana diketahui, SKPP Tingkat Dasar tahun 2021 yang dilakukan secara tatap muka di Kota Dumai ini, diikuti seramai 50 peserta dari Kota Dumai dan 40 peserta dari Kabupaten Bengkalis. SKPP yang dilaksanakan di titik Kota Dumai ini sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan SKPP Tingkat Dasar yang dilaksanakan di provinsi Riau. Sebelumnya SKPP telah sukses diselenggarakan di titik Kabupaten Kampar (bagi peserta dari Kabupaten Kampar dan Kuantan Sengingi) dan Kabupaten Siak (bagi peserta dari Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru dan Kepulauan Meranti.

Tag
Berita
September News