Lompat ke isi utama

Berita

SIGAP LAPOR Aplikasi terbaru menuju Pemilu serentak 2024

[caption id="attachment_4086" align="alignnone" width="1599"] SIGAP LAPOR Aplikasi terbaru menuju Pemilu serentak 2024[/caption]

Bawaslu Kota Dumai, Pekanbaru, 28 Maret 2022 - Bawaslu Republik Indonesia hadirkan Aplikasi terbaru Sistem Informasi Penanganan Pelanggaran Pemilu dan Pelaporan (SIGAP LAPOR). Acara sosialisasi dibuka langsung oleh Gema Wahyu Adinata selaku Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Riau.

Turut hadir Kepala sekretariat Bawaslu provinsi Riau, Kasubag Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Pemilihan, Kabag Pengawasan Bawaslu Provinsi Riau dan kordiv Penanganan Pelanggaran beserta staf Bawaslu Kabupaten/Kota se Provinsi Riau. "Pengenalan atau sosialisasi Aplikasi Sigap Lapor ini sangat penting dalam membantu kinerja Bawaslu dalam penanganan pelanggaran pemilu.

Sigap lapor juga nantinya akan melibatkan unsur Sentra Gakkumdu sebagai bentuk kerjasama untuk terlaksananya penanganan pelanggaran pemilu secara maksimal" ungkap Gema. Untuk sosialisasi aplikasi baru ini Bawaslu RI menugaskan staf Biro Hukum sebagai narasumber, yakni sdr Miki AB dan SDR Fauzan Amru.

Miki menjelaskan bahwa "fungsi aplikasi Sigap Lapor yakni sebagai penerimaan laporan dugaan pelanggaran pemilu dan updating proses penanganan Pelanggaran sehingga Bawaslu RI dapat memantau langsung proses penanganan pelanggaran di tingkat kabupaten/Kota" jelasnya.

Setelah pengenalan tentang Sigap Lapor, peserta dari masing-masing kabupaten/kota diminta memaparkan instrumen petasan kesiapan penerapan Sigap Lapor yang berkaitan dengan kesiapan sarana prasarana, SDM dan anggaran.

Agustri dalam penyampaian instrumen pemetaan kesiapan penerapan SIGAP LAPOR menyampaikan bahwa " Bawaslu Kota Dumai siap untuk menerapkan aplikasi SIGAP LAPOR di Bawaslu kota Dumai, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan terutama ketersediaan sarana dan prasarana pendukung terlaksananya Aplikasi Sigap Lapor" jelasnya.

Selain pemaparan pemetaan kesiapan penerapan Sigap Lapor, peserta juga diminta untuk melaksanakan simulasi pengisian Aplikasi yang baru saja disosialisasikan ini.

Reporter: Intan

Tag
Berita
Maret News