Lompat ke isi utama

Berita

Semangat hari kartini ditengah Pandemi Corona

[caption id="attachment_2814" align="alignnone" width="1280"] Kartini-kartini baru Staf Bawaslu Kota Dumai[/caption]

Bawaslu Kota Dumai, Dumai - Selasa, 21 April 2020, hari ini adalah Peringatan Hari Kartini 21 April 2020. Hari Kartini diperingati untuk mengenang jasa Raden Ajeng Kartini, sang pahlawan emansipasi wanita. Lewat surat-surat nya Kartini berhasil membangun optimisme. " Habis Gelap, Terbitlah Terang".

Kartini memperjuangkan hak-hak wanita yang dianaktirikan, menjadi suatu pengakuan, di mana para wanita juga bisa turut mengusahakan dan berkontribusi pada sekitar dan negara, sama seperti laki-laki.

Namun, tahun ini tampaknya perayaan akan berbeda karena diperingati di tengah pendemi virus corona. Saat ini kita seperti tahanan rumah. Tidak keluar kemana-mana, disiplin jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker kemana-mana dan tidak bisa berkumpul dengan keluarga. Sudah sekitar satu bulan kita dirumah dan mengurangi interaksi dengan dunia luar.

Situasi sulit yang kita hadapi sekarang, barang kali juga dirasakan oleh Kartini walaupun konteksnya berbeda, bila kini sedang pandemi, maka dulu adalah kentalnya patriarkhi. Bila kini tidak keluar rumah demi kesehatan, maka dulu kartini tidak bisa keluar rumah karena peraturan.

Kartini berhasil menginspirasi kita. Semangat menolak menyerah, pantang putus asa dalam situasi dan kondisi apapun. Disaat zaman dulu belum ada internet dan social media, kartini menulis surat dan mengirimkan gagasannya dan akhirnya sampailah hingga ke kita hari ini.

Reporter : Tiwi Editor : Dwi
Tag
April News
Berita