Lompat ke isi utama

Berita

PSU 2 TPS di Kota Dumai Berjalan Lancar, Agustri; Apresiasi Partisipasi semua Pihak

PSU 2 TPS di Kota Dumai Berjalan Lancar, Agustri; Apresiasi Partisipasi semua Pihak

PSU 2 TPS di Kota Dumai Berjalan Lancar, Agustri; Apresiasi Partisipasi semua Pihak

KPU Kota Dumai telah melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk Pemilihan DPRD Kota Dumai di 2 (dua) lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni TPS 17 Kelurahan STDI dan TPS 7 Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat. (29/6/2024) PSU dilakukan setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan sengketa pemilu

Adapun jumlah DPT di TPS 17 Kelurahan STDI sebanyak 263 pemilih. Tepat pukul 12.00 WIB anggota KPPS mendatangi pemilih dengan kondisi tertentu, di Polsek Dumai Barat berjumlah 1 orang, di Rutan II Dumai sebanyak 2 orang, pemilih yang sedang dirawat di rumah sakit 1 orang, sedangkan pemilih yang saat dirumah dan dipastikan tidak dapat mendatangi TPS untuk memberikan hak pilihnya berjumlah 4 orang.

Pelaksanaan PSU di TPS 17 STDI mendapat pengawalan ketat dari pihak Kepolisian, TNI, Kesatuan Polisi Pamong Praja Kota Dumai dan Badan Pengawas Pemilu, hingga tahap proses perhitungan suara, dan semua proses berlangsung lancar dan  tertib.

Agustri selaku Ketua Bawaslu Kota Dumai menyampaikan ucapan terima kasih kepada utusan Bawaslu RI yaitu Daniel dan Nurul LaiLatus selaku staf biro pengawasan Bawaslu RI, selain itu juga didampingi oleh Anggota Bawaslu Provinsi Riau Amirudin Sijaya selalu Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat bersama Kepala sekretariat Bawaslu Riau Aderson, S.Pi., M.Si selaku Kepala Sekretariat Bawaslu Riau, beserta jajaran  Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau.

Sejak keluarnya putusan MK, Bawaslu Kota Dumai terus berperan aktif dalam mengawasi, hingga sampailah pada hari ini dihari pemungutan dan penghitungan pada dua TPS. Ungkap Agustri, sejak proses persiapan hingga saat ini belum ada temuan dan laporan masuk, karena memang secara umum proses ini terlihat berjalan lancar. Sebagai pengawas dan penegak hukum pemilu kita terus bersiap menjadi saluran komplen masyarakat yang merasa ada prosedur administrasi yang dilanggar ataupun politik uang dengan syarat formil dan materil yang cukup.

Tapi sejak awal pemungutan hingga penghitungan secara umum berjalan lancar, menurut Agustri, ini adalah berkat semangat dan komitmen penyelenggara hingga jajaran Adhoc KPU dan Bawaslu Kota Dumai, serta partisipasi masyarakat kota Dumai, jajaran Kepolisian dan TNI yang terus mengawal memastikan keadaan aman. Perhatian semua unsur di proses PSU dua TPS ini tentu dapat kita jadikan contoh yang baik untuk diterapkan pada pemilihan wali kota Dumai beberapa waktu mendatang, ungkapnya.

Reporter : Ontuo Ikhlas