Lompat ke isi utama

Berita

Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau lakukan Supervisi dan Monitoring Persiapan dan Kelengkapan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Dumai

Bawaslu Kota Dumai, Dumai (19/08/2020) - Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau (Amiruddin Sijaya) beserta Staf Bawaslu Provinsi Riau (M. Andi Susilawan) melakukan supervisi dan monitoring terkait Sarana dan Prasana di Media Center Bawaslu Kota Dumai. Dilakukan langsung kegiatan simulasi penyelesaian sengketa berdasarkan ketentuan-ketentuan dan mekanisme yang diatur pada Perbawaslu Nomor 2 Tahun 2020 dan Perbawaslu 4 Tahun 2020.  Staf Bawaslu Kota Dumai diperkenankan untuk menjadi pengunjung pada musyawarah terbuka tersebut dan ditunjuk pula sebagai saksi dengan dibatasi antara para pihak pemohon dan termohon serta pengunjung.

Dalam sambutannya, Amiruddin Sijaya menyampaikan bahwa ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi dan dibenahi kedepannya oleh Sekretariat Bawaslu Kota Dumai seperti jarak dan mekanisme yang disesuaikan dengan Protocol Kesehatan COVID-19, kitab suci berdasarkan beberapa agama para pihak, dan perlengkapan lainnya. “Selain itu, dalam melakukan penyelesain sengketa harus terlebih dahulu memahami regulasi yang terkait di dalam penyelesaian sengketa baik Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia, Peraturan Komisi Pemilihan Umum serta Peraturan – Peraturan lainnya dan seluruh pihak terkait yang ada di dalam musyawarah tersebut harus memenuhi protokol Kesehatan seperti pakai memakai handsanitizer”, ujarnya.

Dilanjutkan oleh Supratman, Kordiv. SDM, Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Kota Dumai menyampaikan bahwa ruangan penyelesain sengketa itu sudah maksimal dan ada beberapa yang harus di perbaiki untuk sarana dan Prasana ketika melakukan Musyawarah Penyelesain Sengketa. Ditambahkan bahwa ada Gedung di belakang kantor Bawaslu Kota Dumai dapat diproyeksikan untuk ruangan penyelesaian sengketa namun mengingat lengkapnya fasilitas audio visual yang telah memadai maka disepakati ruangan tersebut tetap di Media Center ini guna penyelesaian sengketa pemilihan dapat berjalan dengan baik dan maksimal.  Akhirnya, kegiatan tersebut ditutup dengan berfoto bersama.

Reporter : Lena

Editor : Zikri

Tag
Agustus News
Berita