Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Sentra Gakkumdu, Menko Polhukam adakan Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu se-Wilayah Sumatera

Perkuat Sentra Gakkumdu, Menko Polhukam adakan Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu se-Wilayah Sumatera

Perkuat Sentra Gakkumdu, Menko Polhukam adakan Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu se-Wilayah Sumatera

Medan-Bawaslu Kota Dumai hadiri kegiatan Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu Mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah yang Jujur dan Adil se-wilayah Sumatera yang ditajak oleh Kementrian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia di Hotel Adimulia Medan (09/07/2024).  Kegiatan ini mengundang Ketua dan Anggota Bawaslu, Kapolres dan Kasat Reskrim serta Kejari dan Kasipidum se-Wilayah Sumatera. Ketiga instansi ini menjadi narasumber dalam kegiatan yang diadakan hari ini.

Pada kesempatannya Rahmat Badja selaku Ketua Bawaslu Republik Indonesia menyampaikan bahwa Sentra Gakkumdumerupakan bagian penting dalam penanganan Pemilihan Umum. Gakkumdu bermaksud untuk menyamakan pemahaman atau persepsi dalam pola penanganan tindak pidana Pemilu oleh Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian. “ Pentingnya masyarakat tau fungsi dari Sentra Gakkumdu adalah sebagai forum koordinasi dalam setiap proses penanganan pelanggaran tindak pidana yang terjadi baik di Pemilu maupun Pilkada.” ungkapnya.

Dalan pemaparannya Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Asep N Mulyana mengungkapkan pentingnya kerjasama dan koordinasi ketiga instansi yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu untuk dapat memaksimalkan proses penanganan pelanggaran tindak pidana dilakukan. 
“ Kejaksaan harus berkoordinasi dengan Bawaslu sejak adanya laporan yang disampaikan oleh masyarakat agar sama-sama dapat meneliti jenis pelanggaran apa yang dilaporkan” imbuhnya. “Kejaksaan juga harus memahami bagaimana cara kerja Sentra Gakkumdu dan fokus dalam menangani perkara Pemilihan ini” tambahnya.

Senada, Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Kombes Pol. Burkan Rudy Satria, S.I.K menyampaikan bahwa Tahun 2024 menjadi tahun politik terbesar di sepanjang sejarah demokrasi Indonesia hal ini dikarenakan Pemilu dan Pemilihan yang diadakan secara serentak se-Indonesia. Dalam penyampaiannya Burkan menjelaskan penanganan laporan tindak pidana pemilihan dan belia juga mengharapkan Kepolisian secara maksimal fokus dalam menangani tindak pidana yg dilaporkan melalui Bawaslu.

Kegiatan yang ditajak oleh Menko Polhukam ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Dumai Agustri S.H.I.,M.E.Sy dan Kordiv. Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Yossi Rinaldi S.E.

Reporter: Jenny