Lompat ke isi utama

Berita

PEMUDA KATOLIK KOMCAB DUMAI DUKUNG PENGAWASAN PARTISIPATIF

[caption id="attachment_4070" align="alignnone" width="1599"] PEMUDA KATOLIK KOMCAB DUMAI DUKUNG PENGAWASAN PARTISIPATIF[/caption]

Bawaslu Kota Dumai, Dumai - Tindak tanduk Bawaslu dalam merangkul gerakan-gerakan kolektif semakin tersebar dan menjadi pembicaraan umum baik di beberapa media ataupun masyarakat, maka berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Selasa tanggal 22 Maret 2022 Bawaslu Kota Dumai menerima Audiensi PK KOMCAB DUMAI ( Pemuda Katolik Komisariat Cabang Dumai).

Organisasi Pemuda Katolik yang diwakili enam orang dari pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Dumai memperkenalkan diri dan menyatakan eksistensinya. Perwakilan PK Komcab Dumai Tersebut disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Dumai bapak Zulfan di dampingi oleh Kordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa bapak Agustri serta Kordiv SDM, Organisasi, Data dan Informasi bapak Supratman. Sebagaimana istilah tak kenal maka tak sayang pertemuan tersebut menjadi kesempatan untuk saling mengenal dan membangun hubungan silaturahmi yang penuh kekeluargaan sehingga terjalin kemitraan diantara keduanya tidak semata-mata hanya untuk menjaga kualitas demokrasi melainkan lebih dari pada itu.

Dalam proses demokrasi ada proses panjang yakni tahapan yang berpotensi adanya pelanggaran-pelanggaran yang akan terjadi. Maka dari pada itu diharapkan masyarakat ikut andil sebagai pengawas dan pemberi informasi sehingga pemilu berkualitas akan terwujud apabila semua kalangan masyarakat berpartisipasi aktif dalam mengawasi proses Pemilu mulai dari awal sampai pada proses penetapan, ujar Zulfan. Ketua Bawaslu Dumai ini juga menegaskan bahwa keterwakilan berbagai lapisan masyarakat senantiasa menjadi perhatian Bawaslu untuk mempersempit ruang gerak kecurangan.

Ketua Pemuda Katolik Dumai Cassaroly Sinaga menyampaikan sesuai dengan moto Reborn and Glow Pattern pemuda katolik harus bisa melangkah dan berbaur diluar lingkungan gereja dan keagamaan. Jika di diperkenankan atau dibutuhkan dalam kegiatan perhelatan dan kegiatan-kegiatan pemuda katolik siap untuk bekerja sama dengan bawaslu Kota Dumai.

Kami memberikan apresiasi dan terimakasih kepda teman-teman pemuda Katolik. Kedepan kami libatkan pemuda katolik untuk kegiatan Bawaslu, dan jikalau ada kegiatan Pemuda Katolik hadirkan kami untuk menjelaskan tentang pengawasan serta penanganan pelanggaran pemilu dikalangan umat katolik ujar Agustri Kordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa

Kordiv SDM, Organisasi data dan Informasi, Supratman menyambut semangat pemuda Katolik sebagai amunisi tambahan lembaga pengawasn pemilu, semakin banyak yang terlibat dalam melakukan pengawasan, semakin kecil pula kesempatan suatu pelanggaran.

Reporter: Tiwi
Tag
Berita
Maret News