Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Coklit Berjalan Sesuai Prosedur, Bawaslu Dumai Lakukan Monitoring Coklit Hingga ke Daerah Perbatasan

Bawaslu Dumai Lakukan Monitoring Coklit Hingga ke Daerah Perbatasan

Bawaslu Dumai Lakukan Monitoring Coklit Hingga ke Daerah Perbatasan

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Dumai monitoring pengawasan pencocokan dan penilitian (Coklit) data pemilih di daerah perbatasan Dumai dan Bengkalis di Kecamatan Bukit Kapur, khususnya di 2 (dua) kelurahan yaitu Kelurahan Gurun Panjang dan Kelurahan Bukit Abas. (Selasa, 09/07/2024).

Turut hadir Komisioner KPU Provinsi Riau Divisi Perencanaan, Informasi dan data yang didampingi oleh Kasubbag Data dan Operator Data, hadir juga  Komisioner KPU Kota Dumai beserta jajaran, KPU Kabupaten Bengkalis beserta jajaran yang juga turun melakukan monitoring kegiatan pencoklitan oleh jajaran Pantarlih dari Kota Dumai dan Pantarlih dari Kabupaten Bengkalis.

Pengawasan ini merupakan kali kedua Bawaslu Kota Dumai mengawasi pencocokan dan penelitian data pemilih di daerah perbatasan setelah sebelumnya di daerah perbatasan Dumai-Bengkalis di Kecamatan Medang Kampai.

Daerah perbatasan menjadi salah satu fokus pengawasan Bawaslu Kota Dumai beserta jajajaran. Hal ini dikarenakan daerah perbatasan harus mendapatkan perhatian khusus karena mobilitas penduduknya dinamis dan tentu berpengaruh pada data pemilih.  Daerah perbatasan sering kali menjadi fokus perhatian karena memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi, seperti konflik kepentingan, mobilisasi pemilih, dan kecurangan data pemilih.

Peristiwa unik yang ditemukan di lapangan tepatnya perbatasan antara Kelurahan Bukit Kapur dan Desa Bukit Abas serta Kelurahan Gurun Panjang dengan Bukit Kerikil yaitu terdapat warga masyarakat yang memiliki KTP Dumai namun berdomisili di Kabupaten Bengkalis.  Begitu Sebaliknya terdapat warga masyarakat yang memiliki KTP Bengkalis namun berdomisili di Kota Dumai.

Bawaslu Dumai Lakukan Monitoring Coklit Hingga ke Daerah Perbatasan

Koordinator Divisi HPPH, Yeni Kartini mengatakan, pemutakhiran data pemilih merupakan salah satu tahapan yang krusial dalam Pilkada. Karenanya, upaya pengawasan dan pencermatan terhadap tahapan ini harus dilakukan. Salah satunya untuk memastikan setiap warga di Kota Dumai  bisa menggunakan hak pilihnya didalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota. Pengawasan melekat terhadap Coklit menjadi fokus Bawaslu untuk memastikan DPT betul-betul terkawal dan terawasi dengan baik.

Reporter: Gita