Lompat ke isi utama

Berita

Lindungi dari Covid-19 , Bawaslu Kota Dumai membagikan APD ke Jajarannya

Bawaslu Kota Dumai, Dumai - Bawaslu RI melalui surat edarannya nomor 0207/K.Bawaslu/TU.00.01/VI/2020 pada tanggal 23 Juni 2020 Tentang Standarisasi Alat Pelindung Diri (APD) Protokol Kesehatan Covid-19 di Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam melaksanakan Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 yang dilaksanakan pada saat Pandemi Covid-19, Ketua Bawaslu RI menginstruksikan untuk menyediakan APD, menggunakan APD, dan melakukan pemeriksaan Rapid Test.

Sesuai dengan Surat Edaran tersebut, Bawaslu Kota Dumai membagikan Alat Pelindung Diri (APD) ke Jajarannya. Selain Jajaran Bawaslu Kota Dumai, Bawaslu Kota juga membagikan APD ke Panwaslu Kecamatan sebanyak 20 orang dan Panwaslu Kelurahan/Desa sebanyak 33 orang. Pembagian APD ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 Juli 2020 kemarin. APD tersebut terdiri dari Termogun, Masker, Hand Sanitizer, Sarung Tangan, Pelindung Wajah dan Vitamin. Serta Bawaslu Kota Dumai, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa Se-Kota Dumai telah melakukan Pemeriksaan Rapid Test pada tanggal 14 sampai 15 Juli 2020 lalu.

Tahapan-tahapan Pilkada seperti Tahapan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan, Tahapan Pencocokan dan Penelitian, Tahapan Penetapan Pasangan Calon, Tahapan Pengawasan Logistik dan Pendistribusiannya, Tahapan Kampanye, Rekapitulasi Penghitungan Suara, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Hasil Pemilihan Wajib menggunakan alat pelindung diri. Sebagaimana telah diketahui bahwa saat ini Pilkada telah memasuki tapahan Pencocokan dan Penelitian maka Bawaslu Kota Dumai segera menfasilitasi hal tersebut.

Koordinator Sekretariat Idris Sardi menyampaikan bahwa APD diri merupakan bentuk kepedulian kita terhadap sesama pengawas untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, Idris Sardi berharap untuk tidak menyiakan-nyiakan fasilitas tersebut, selalu menggunakan serta menyiapkan APD dimanapun berada baik di kantor maupun turun ke lapangan. Selanjutnya Idris Sardi berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan terus semangat dalam melaksanakan pengawasan Pilkada 2020.

Reporter : Latifah

Tag
Berita
Juli News