Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pilkada Serentak, Bawaslu Dumai Berikan Penguatan Kapasitas Bagi Panwascam Se-Kota Dumai

Jelang Pilkada Serentak, Bawaslu Dumai Berikan Penguatan Kapasitas Bagi Panwascam Se-Kota Dumai

Jelang Pilkada Serentak, Bawaslu Dumai Berikan Penguatan Kapasitas Bagi Panwascam Se-Kota Dumai

Dumai - Menjelang Pemilihan Serentak yang akan di laksanakan 27 November 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Dumai menggelar Rapat Penguatan Kapasitas Bagi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Dumai pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal, SE. M.IKom yang sekaligus sebagai narasumber. Idris Sardi, SE selaku Kepala Sekretariat Bawaslu Dumai, dan acara ini di buka secara langsung oleh Yeni Kartini, S.Sos selaku Kordiv Hukum Pencegahan Parmas dan Humas (HPPH) Bawaslu Kota Dumai di Hotel The Zuri Dumai, Selasa (30/07/2024).

Dalam sambutannya, Yeni menyampaikan dan berharap seluruh peserta dapat menyimak dengan seksama poin-poin yang disampaikan oleh narasumber. Momentum Pilkada ini adalah momen sensitif, di mana banyak orang memperhatikan setiap langkah yang kita ambil. Mental kita harus siap, pemahaman kita harus matang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan, penyamaan persepsi, meningkatkan kapasitas, dan kualitas pengawas pemilu, dan pemberian bekal dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban untuk mensukseskan pemilihan 2024.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan pengawasan pada setiap tahapan pemilihan 2024. Hal ini diharapkan agar seluruh pengawas ad-hoc di tingkat kecamatan dapat bekerja dengan maksimal dan melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku", tambahnya.

Turut hadir yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Hasan, M.Si (Koordinator Provinsi Perhimpunan Pemilih Indonesi), dengan tema Pencegahan Pelanggaran dan Sengketa Proses Pemilihan. Dan juga Mochamad Iwan Satriawan, SH. MH (Dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung), dengan tema Penguatan Kapasitas Penyelenggara Pemilu.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber serta ditutup dengan foto bersama seluruh peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas Panwaslu Kecamatan dalam menjalankan tugas pengawasan di Pemilihan Serentak 2024 mendatang.

Reporter: Ontuo Ikhlas