Home Berita Jaga Hak Pilih Pemilu 2024 Bawaslu Kota Dumai Sosialisasi dan Koordinasi Terkait Pemilih dan TPS Khusus

Jaga Hak Pilih Pemilu 2024 Bawaslu Kota Dumai Sosialisasi dan Koordinasi Terkait Pemilih dan TPS Khusus

by Bawaslu Dumai

Jaga Hak Pilih Pemilu 2024 Bawaslu Kota Dumai Sosialisasi dan Koordinasi Terkait Pemilih dan TPS Khusus

Bawaslu Kota Dumai, Dumai – 24 November 2022. Bersama dengan KPU Kota Dumai, Bawaslu Kota Dumai melakukan sosialisasi dan koordinasi terkait data Pemilih dan Potensi untuk pembuatan TPS khusus bagi para karyawan dan pekerja yang ada di Kilang Pertamina Internaional Kota Dumai pada Pemilu 2024. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pencegahan dini akan hilangnya hak pilih warga negara Indonesia yang bekerja di kilang Pertamina tersebut dengan alasan tidak dapat meninggalkan pekerjaan pada hari H Pemilu 2024 nantinya. Hak kontitusi yang dijamin oleh Undang-Undang dalam hal memberikan hak pilihnya bagi Warga Negara Indonesia khususnya di Kota Dumai pada Pemilu 2024 nantinya harus dijaga, karena ini amanat Undang-Undang, kata Agustri selaku Komisioner dan Kordiv. Hukum dan Pencegahan Bawaslu Kota Dumai.

Apalagi berdasarkan pasalm 498 UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 dibunyikan seorang majikan/atasan yang tidak memberikan kesempatan kepada seorang pekerja/karyawan untuk memberikan suaranya pada hari pemungutan suara, kecuali dengan alasan bahwa pekerjaan tersebut tidak bisa ditinggalkan, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp. 12.000.000.00 (dua belas juta rupiah). Artinya pasal ini ada penekatan keras dan bahkan ada sanksi pidana bagi yang menghalangi seorang karyawan dalam memberikan hak suaranya pada hari pemilihan.

Agustri juga menambahkan, semoga dengan adanya sosialisasi dan koordinasi bersama antara Bawaslu kota Dumai, KPU Kota Dumai, dan para stakeolder, serta perusahaan, atau Lembaga lainnya ini dapat memberikan solusi agar Pemilu 2024 partisipasi pemilih meningkat, dan penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Reporter : Irma Setiarini & Muharromi

You may also like

Leave a Comment