Lompat ke isi utama

Berita

Divisi Penanganan Pelanggaran se-Kota Dumai lakukan Rapat terkait Potensi Pelanggaran pada tahapan Coklit Pilkada 2020

Bawaslu Kota Dumai, Dumai - Senin 20 Juli 2020 pasca mengikuti Rapat Koordinasi di Bawaslu Provinsi pada hari Jum’at tanggal 17 Juli 2020, tepatnya hari ke 6 pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data dan daftar pemilih di Kota Dumai. Bawaslu Kota Dumai gelar rapat bersama Panwaslu Kecamataan se Kota Dumai.

Kegiatan rapat yang dipimpin langsung oleh Agustri selaku Kordiv. Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Dumai ini dilakukan di Media Centre Bawaslu Kota Dumai yang beralamat di Jalan Putri Tujuh ini diikuti oleh kordiv Penanganan Pelanggaran Panwaslu Kecamatan se Kota Dumai dan juga staf Hukum, Penanganan Pelanggaran dan sengketa Bawaslu Kota Dumai. Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 18.00 WIB.

Dalam rapat yang ditaja oleh Divisi Penanganan Pelanggaran ini, digelar rapat penyamaan persepsi dalam menanggapi laporan dan temuan yang terjadi pada tahapan Coklit yang akan berlangsung hingga 13 Agustus 2020 mendatang. Dirapat tersebut juga membahas tentang potensi-potensi pelanggaran yang akan terjadi. Seluruh peserta yang terdiri dari divisi penanganan pelanggaran di 7 kecamatan di Kota Dumai juga menyampaikan tentang hambatan-hambatan serta pengalaman yang diperoleh dari hasil pengawasan coklit yang dilakukan dari tanggal 15 hingga 19 Juli 2020 dimasing-masing kecamatan.

Agustri dalam rapat menyampaikan bahwa masih banyaknya dugaan pelanggaran yang sama terjadi di setiap kecamatan salah satunya berupa adanya Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang bertugas tidak sesuai dengan yang di SK kan. “Dari hasil pengawasan yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu masih banyaknya hal-hal yang perlu dibahas dan koordinasikan dengan KPU Kota Dumai, untuk memastikan agar terlaksana tahapan coklit yang sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak adanya kecurangan serta terlindunginya hak pilih masyarakat Kota Dumai pada pilkada 2020” ujarnya.

Diakhir rapat Agustri menyampaikan kepada peserta agar serius dalam melakukan tugas pengawasan serta membangun koordinasi yang baik dengan Bawaslu Kota Dumai untuk memaksimalkan pencoklitan di Kota Dumai.

Reporter: Intan

Tag
Berita
Juli News