Lompat ke isi utama

Berita

Corona mewabah, bawaslu selenggarakan sekolah kader pengawas partisipatif secara daring

Bawaslu Kota Dumai, Dumai - Bawaslu RI akan menggelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) secara daring. Langkah ini ditempuh sebagai upaya melawan Covid-19, sekaligus mendukung anjuran work from home (WFH), Serta mengikuti protokol keamanan physical distancing, sementara pendidikan pemilih  dan pencegahan pelanggaran Pilkada tetap berjalan. Hingga saat ini di Kota Dumai sudah ada 12 peserta yang mendaftar di SKPP secara daring.

SKPP secara daring ini menjadi jalan keluar dari keterbatasan ruang dan waktu dalam penguatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilkada 2020,. Ujar zulfan SKPP merupakan salah satu upaya pendidikan pemilih dan pencegahan pelanggaran Pilkada 2020. Bawaslu berupaya menyediakan fasilitas yang baik dan optimal bagi masyarakat dalammemperoleh pengetahuan dan keterampilan melakukan pengawasan partisipatif, khususnya diera teknologi komunikasi dan informasi serta wajib melibatkan kaum milenial dalam berdemokrasi.

Sebagai informasi, Tiga anggota Bawaslu Provinsi Riau yakni Amiruddin Sijaya, Neil Antariksa dan Hasan ikut menjadi pemateri. Amiruddin sijaya menjadi pemateri dalam kerawanan Pilkada dan Pemilu dengan sub topik pengertian kerawanan pemilu/pilkada, indikator Kerawanan Pemilu, Penanganan Kerawanan Pemilu, Penyusunan Rekomendasi dan Strategi Pencegahan. Neil Antariksa dan Hasan menjadi pemateri dalam Pemantauan Pemilu dengan sub topik Dasar Hukum Pematauan, Syarat Pemantauan Pemilu/Pilkada, Lembaga Pemantau, tata cara Pendaftaran, Pengorganisasian Relawan, Pemantauan Tahapan dan Isu, Tata Cara Pelaporan.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=4soGJ23HRdE&feature=youtu.be[/embed] Reporter : Tiwi Editor : Dwi
Tag
April News
Berita