Lompat ke isi utama

Berita

Bimtek Pengawas Kelurahan/Desa se-Kecamatan Medang Kampai, Yeni Kartini: Kawal Hak Pilih Masyarakat

Yeni Kartini sebagai Narsum di Bimtek Pengawas Kelurahan/Desa se-Kecamatan Medang Kampai

Yeni Kartini sebagai Narsum di Bimtek Pengawas Kelurahan/Desa se-Kecamatan Medang Kampai

Bawaslu Dumai, Dumai - Yeni Kartini hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis yang ditaja oleh Panwaslu Kecamatan Medang Kampai terkait tahapan Pemutakhiran Data Pemilih yang saat ini sedang berlangsung proses Pencocokan dan Penelitian untuk Pilkada Serentak 2024.

Dalam kesempatannya, Yeni Kartini menjelaskan hal-hal terkait pengawasan Pencocokan Penelitian yang pada intinya beliau menekankan kepada jajaran Ad Hoc terkhusus Pengawas Kelurahan/Desa untuk dapat melaksanakan pengawasan coklit dengan penuh integritas dan profesionalitas.

"Saya berharap jajaran pengawas di Kecamatan dan Kelurahan dapat melakukan pengawasan coklit dengan penuh tanggungjawab, karena hal ini sangat penting demi terjaganya hak pilih masyarakat" ujar Kordiv HPPH Bawaslu Kota Dumai.

Beliau juga menjelaskan hal-hal terkait regulasi terkait Pemutakhiran Data Pemilih sehingga jajaran pengawas di Kecamatan dan Kelurahan dapat memperhatikan berlangsungnya Pencoklitan ini apakah sudah sesuai dengan regulasi yang ada.

"Pastikan coklit ini berlangsung sesuai dengan regulasi yang berlaku, dan apabila nantinya terjadi tindakan yang tidak berdasarkan aturan pengawas maka segera lakukan saran perbaikan, dan berdasarkan instruksi Bawaslu RI untuk dapat melakukan Uji Petik minimal 10 Kepala Keluarga dalam satu hari" tambahnya.

Untuk informasi, bahwa proses Coklit ini sudah berlangsung sejak tanggal 24 Juni 2024 dan akan berakhir pada tanggal 24 Juli 2024. Bawaslu Kota Dumai selaku pengawas akan memastikan dan mengawal Hak Pilih Masyarakat dalam Pilkada Serentak tahun 2024.

Reporter: Giri