Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Mencerdaskan Anak Bangsa Melalui Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring

Bawaslu Kota Dumai, Dumai (04/05/2020) - Hari ini Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau resmikan pembukaan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring Se-Provinsi Riau pada pukul 11.00 WIB melalui Youtube resmi Bawaslu Provinsi Riau.Pembukaan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring resmi di buka oleh Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Bapak Rusidi Rusdan. Turut hadir Kordiv Pengawasan dan Hubal, Bapak Neil Antariksa, Kordiv Penindakan Pelanggaran, Bapak Gema Wahyu Adinata, Kordiv. SDM dan Organisasi, Bapak Hasan serta Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau, Bapak Anderson.

Ada 689 peserta yang mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring Se-Provinsi Riau yang terdiri dari Kota Pekanbaru 251 Peserta, Kabupaten Kampar 112 Peserta, Kabupaten Bengkalis ada 53 Peserta, Kabupaten Rohil 50 Peserta,  Kabupaten Siak 43 Peserta, Kabupaten  Inhil 41 Peserta,Kabupaten Rohul 35 Peserta, Kabupaten Kuansing 31 Peserta, Kabupaten Pelalawan 25, Kabupaten inhu 22 Peserta, Kabupaten Meranti 14 Peserta, dan Kota Dumai 13 Peserta, Ujar Neil Antariksa Anggota Bawaslu Provinsi Riau.

Tujuan dari Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring ini yaitu meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat, sarana pendidikan Pemilu dan Pilkada bagi masyarakat, pembentukan pusat pendidikan pengawasan Pemilu dan Pilkada yang berkesinambungan serta menciptakan aktor-aktor pengawas dan Kader penggerak pengawasan partisipatif, lanjut neil.

Bagi peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring yang dinyatakan lulus akan mengikuti proses seleksi melalui Audio Visual mulai tanggal 5 sd 31 Mei 2020. Kemudian pelaksanaan pembelajaran akan menggunakan Audio visual dapat mengikuti tahap diskusi Daring bersama Bawaslu Provinsi dibantu oleh Bawaslu Kabupaten/Kota. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 15 Juni 2020. Peserta akan melaksanakan ujian akhir untuk mengukur pelajaran dan pembelajaran yang didapatkan, ujian akhir akan dimulai pada tanggal 17 s.d 30 Juni yang diadakan oleh Bawaslu RI.

Gema Wahyu Adinata Anggota Bawaslu Provinsi Riau ”SKPP Daring ini ditengah situasi Pandemi ini penting juga untuk memberikan/memperluas kesadaran pengawasan, kesadaran kepemiluan termasuk juga secara umum kesadaran demokrasi pada elemen bangsa terutama pada generasi muda yang kebetulan banyak menjadi peserta SKPP Daring”.

Selamat bergabung bagi peserta SKPP Daring Se-Provinsi Riau dan telah menjadi bagian dalam keluarga besar pengawasan pemilu, semoga bermanfaat buat diri pribadi dan untuk masyarakat sekitar. Ujar Gema

Hasan Anggota Bawaslu Provinsi Riau, berharap kepada teman-teman peserta SKPP Daring untuk lebih serius dalam melaksanakan pembelajaran dalam pengawasan Pemilu dan Pilkada untuk meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat.

Rusidi Rusdan Ketua Bawaslu Provinsi Riau mengucapkan” Selamat kepada rekan-rekan Calon Peserta Pengawas Partisipatif yang nanti akan dilakukan tahapan-tahapan yang sudah disiapkan oleh Bawaslu RI”.

M. Afifuddin Anggota Bawaslu RI, mengatakan Kegiatan ini merupakan salah satu Inovasi dan salah satu Inisiatif dari Bawaslu untuk lebih mendekatkan antara Bawaslu dengan sahabat sekalian yang berminat menjadi Kader Pengawas Partisipatif.Bawaslu mempunyai Kewenangan dalam Pencegahan, Kewenangan dalam Pengawasan dan Kewenangan dalam Penindakan, Ujar Afif

Zulfan Ketua Bawaslu Kota Dumai, menyatakan Bawaslu melakukan kegiatan ini untuk Mencerdaskan Anak Bangsa Melalui Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring.

Bawaslu mengambil langkah di masa Pandemi Covid-19 ini dengan menginisiasi SKPP yang tadinya dilaksanakan secara Konvensional ke SKPP Daring dengan harap agar semakin banyak yang terlibat dan semakin cepat informasi tersampaikan oleh Aktor-Aktor Pengawas Partisipatif, tambah Zulfan.

Reporter: Dwi Editor : Winda
Tag
Berita
Mei News