Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Dumai Lakukan Koordinasi dengan Disdukcapil Kota Dumai terkait Data Pemilih Pilkada 2020

Bawaslu Kota Dumai, Dumai - Menatap hari pemungutan suara Pilkada 2020 yang hanya tersisa beberapa bulan saja,  sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertepatan pada tanggal 9 Desember 2020. Bawaslu Kota Dumai berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam rangka mencari akurasi data pemilih masyarakat Kota Dumai. Artinya,  menemukan informasi data terkait jumlah kepemilikan E-KTP sebagai syarat sah untuk memilih Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Agustri selaku Pimpinan Bawaslu Kota Dumai dan didampingi oleh Staf Sekretariat (11/09/2020).

Disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Kota Dumai, Suardi, S.Sy bahwa jumlah penduduk Kota Dumai berjumlah 306.573 jiwa dan masyarakat yang sudah memiliki E-KTP Kota Dumai berjumlah 220.143 yang mana data ini merupakan data triwulan pertama dari bulan Januari  sampai dengan bulan Juni 2020 dan data ini ada kemungkinan akan bertambah. Disajikan pula kepada Bawaslu Kota Dumai, data penduduk Kota Dumai wajib memiliki E-KTP berjumlah 252.282 jiwa namun realisasi perekaman E-KTP berjumlah 220.143 jiwa. Menurut Agustri, KPU Kota Dumai harus mempertimbangkan data telah didapati tersebut untuk menetapkan daftar pemilih dalam Pilkada dumai 2020. Mengingat hak pilih warga negara khususnya penduduk Kota Dumai telah dijamin oleh Undang-Undang Pilkada, bahkan jika adanya hak pilih yang hilang maka akan ditindaklanjuti dengan dugaan tindak pidana pemilihan.

Ditambahkan oleh Agustri, “Bawaslu Kota Dumai selalu mencegah dan mengingatkan KPU Kota Dumai agar lebih teliti dalam hal data pemilih yang akan ditetapkan nantinya menjadi DPT Pilkada 2020. Dengan tahapan yang masih panjang, diharapkan KPU kota Dumai bisa lebih terbuka dalam masalah data pemilih. ditambah lagi sampai hari ini Bawaslu Kota Dumai tidak kunjung mendapatkan AB-KWK dari KPU”, tutup Agustri.

Reporter : Zikri
Tag
Berita