Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Dumai Hadiri Training of Trainee (ToT) Pembuatan SPM pada Aplikasi SAKTI di Bawaslu Provinsi Riau

[caption id="attachment_3885" align="alignnone" width="1280"] Bawaslu Kota Dumai Hadiri Training of Trainee (ToT) Pembuatan SPM pada Aplikasi SAKTI di Bawaslu Provinsi Riau[/caption]

Bawaslu Kota Dumai, Dumai - Dalam rangka pengimplementasian aplikasi SAKTI tahun 2022, Bawaslu Provinsi Riau menyelenggarakan Training of Trainee (ToT) Pembuatan SPM pada Aplikasi SAKTI di lingkungan Bawaslu Provinsi Riau dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau. Adapun dari Bawaslu Kota Dumai yang hadir dalam acara ToT tersebut antara lain Koordinator Divisi SDM & Organisasi (Supratman, S.Pd.I), Kepala Sekretariat (Idris Sardi, SE) , Bendahara Pengeluaran (Romas), dan Operator Sakti (Mastur Ardiansyah A.Md).

Training of Trainee (ToT) Pembuatan SPM pada Aplikasi SAKTI ini dijadwalkan selama 2 hari yaitu dari tanggal 03 sd 04 Februari 2022. Acara ToT ini dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu Provinsi Riau, Hasan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi SAKTI ini diharapkan Bawaslu Kabupaten/Kota dapat menjadikannya sebagai sarana bagi satker dalam melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran dengan baik. Kepala sekretariat Bawaslu Propinsi Riau Anderson juga turut memberikan sambutan dalam acara ToT tersebut, Anderson berharap Bawaslu Kabupaten/Kota dapat memanfaatkan acara ToT ini dengan baik serta dapat dapat mengimplentasikan Aplikasi SAKTI di tahun anggaran 2022 secara maksimal.

[gallery ids="3887,3886,3884"]

Adapun yang menjadi narasumber dalam acara ToT ini adalah dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pekanbaru. Selama kegiatan berlangsung begitu terlihat antusias peserta dari Bawaslu Kabupaten/Kota dengan banyak mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Narasumber. Perlu diketahui bahwa aplikasi SAKTI atau singkatan dari Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi yang dapat mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan hingga Pertanggungjawaban Anggaran. Selain itu, SAKTI menerapkan konsep single database . Aplikasi SAKTI digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik.

Reporter : Romas

Tag
Berita
Februari News