Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Dumai Goes to School ke SMAN 1; Partisipasi Pemilih Pemula di Pilkada adalah Bentuk Cinta Indonesia

Bawaslu Kota Dumai Goes to School ke SMAN 1; Partisipasi Pemilih Pemula di Pilkada adalah Bentuk Cinta Indonesia

Bawaslu Kota Dumai Goes to School ke SMAN 1; Partisipasi Pemilih Pemula di Pilkada adalah Bentuk Cinta Indonesia
 

Bawaslu kota Dumai terus keliling ke sekolah-selolah se-Kota Dumai dengan program  Bawaslu Goes to School. hari ini jadwal kegiatan di SMAN 1 Kota Dumai pada kamis (8/8/2024), yang diikuti oleh lebih kurang 220 orang yang sudah masuk menjadi pemilih pemula, serta beberapa guru. Selain staf Bawaslu Kota Dumai juga dihadiri oleh jajaran Panwascam Dumai Timur yang juga menjadi narasumber yaitu Mispani dan Yudi.

Ditajanya program ini adalah bertujuan untuk memberikan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula, agar lebih dini mereka mengenal konsep dasar demokrasi, pemilu dan pilkada dalam kaitannya dengan peran mereka sebagai warga negara Indonesia. Dan sasaran materi ini bukan hanya untuk sosialisasi tentang sukesi Pilkada, tapi juga edukasi tentang cinta tanah air lewat pemahaman dan kesadarannya dalam berpartisipasi untuk Demokrasi.

Dalam paparannya Ahmad Tamimi menyampaikan lebih jauh tentang kenapa kita harus demokrasi, kenapa harus pemilu dan kenapa pula kita harus berpartisipasi, semua ini adalah wujud cinta pada tanah air. Jadi, sebagai siswa cukup belajar dengan tekun, menjaga diri dengan baik, kemudian juga harus peduli dengan kegiatan pemilu dan pilkada, karena negara memberikan hak setiap kita untuk ikut serta dalam menentukan kepada siapa kita harus berwakil mengurusi kehidupan semua warga. Jadi, jangan cuek, harus ambil tau.

Bawaslu Kota Dumai Goes to School ke SMAN 1; Partisipasi Pemilih Pemula di Pilkada adalah Bentuk Cinta Indonesia

Kemudian pada saat yang sama, Alfian selalu staf Bawaslu Kota Dumai juga menyampaikan tentang kelembagaan penyelenggara pemilu dan kewenangannya, dan siswa pun turut bertanya dan berdialog aktif di forum ini menanyakan tugas pengawasan termasuk tugas Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DPKP).

Kemudian, Maspian selaku ketua Panwaslu Kecamatan Dumai Selatan juga mendalami terkait hak pilih siswa sebagai pemilih pemu lah, apakah sudah terdaftar dalam proses pemutakhiran yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Kemudian ia mengajar para siswa yang hadir kerja sama tidak hanya sebatas jadi pemilih tapi juga agar dapat menghindari berbagai bentuk politik uang, karena dapat merusak.

Pada saat yang sama Mispani juga menjelaskan tentang jenis-jenis pelanggan dalam pemilih kepada daerah dan cara-cara memberikan informasinya. Sebagai pemilih pemula yang notabene baru pertama kali menggunakan hak suaranya, tentunya membutuhkan informasi lengkap terkait tata cara maupun prosedurnya, termasuk jika menemukan dugaan pelanggaran, para pemilih pemula harus melakukan apa. Peran ini penting dalam kesuksesan pemilihan walikota Dumai serentak 27 November tahun 2024  secara langsung dan demokratis.

Ahmad Tamimi selaku perwakilan Bawaslu kota Dumai menyampaikan salam dari Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Dumai yang belum sempat hadir bersama dan kami mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah SMAN 1 Kota Dumai dan jajaran majelis guru telah memberikan waktu untuk bersama mendidik pemilih pemula, semoga punya efek positif bagi pendewasaan sistem demokrasi kita kedepannya terutama untuk wujudkan proses Pilkada kota Dumai yang berkualitas.

Reporter: Tamimi