Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Dumai dan Panwaslu Dumai Barat Goes to School ke SMA Binsus; Upaya Memperkuat Pengawasan Partisipatif bagi Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Bawaslu Kota Dumai dan Panwaslu Dumai Barat Goes to School ke SMA Binsus; Upaya Memperkuat Pengawasan Partisipatif bagi Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Bawaslu Kota Dumai dan Panwaslu Dumai Barat Goes to School ke SMA Binsus; Upaya Memperkuat Pengawasan Partisipatif bagi Pemilih Pemula di Pilkada 2024
 

Salah satu program Bawaslu kota Dumai yaitu mengadakan kegiatan Bawaslu Goes to School, kemudian juga ada Goes to Campus. hari ini jadwal kegiatan Goes to School di SMA Binaan Khusus Kota Dumai pada kamis (8/8/2024). Kegiatan diikuti oleh siswa SMA Binsus Kota Dumai sebanyak 250 orang yang sudah masuk menjadi pemilih pemula, serta beberapa guru dan juga dihadiri oleh jajaran Panwascam Dumai Barat yang juga menjadi narasumber pada kegiatan ini.

Sebagai perwakilan dari Bawaslu Kota Dumai, Ahmad Tamimi menjelaskan bahwa dilaksanakan program ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula, terkait bagaimana tanggungjawab moral mereka mengambil peran sebagai generasi baru dalam pemilihan kepala daerah, sekaligus memperkenalkan Bawaslu secara tugas, kewenangan dan kelembagaan. Kemudian hadirnya pemilih pemula perlu kita bekali mereka dengan informasi pengantar agar mereka tersugesti untuk partisipasi dan partisipasi itu berkualitas. Inilah konsekuensi demokrasi electoral yang mengharuskan adanya pendidikan bagi pemilih.

Pada kesempatan ini Ahmad Tamimi menjelaskan tentang demokrasi yang kita anut adalah memberikan hak pilih yang sama pada setiap kita terutama dalam menentukan siapa pemimpin terbaik tempat kita berwakil untuk mengurusi kehidupan warga kota. Oleh karenanya sebagai generasi harapan bangsa, harus berpartisipasi, jangan hanya jadi penonton, tapi harus ikut menentukan. Oleh karenanya adik-adik siswa harus memastikan sudah masuk dalam daftar pemilih di tahapan Pemutakhiran data pemilih ini. Kemudian menggunakan hak pilih itu secara baik tanpa karena janji atau materi. Pilihlah sesuai nurani dan akal sehat, pilihlah orang-orang yang menurut kita baik, paham dan layak untuk jadi wakil kita di pemerintahan ungkapnya.

Disamping itu Ahmad Tamimi juga menyampaikan tentang keharusan warga dan siswa untuk berpartisipasi dalam mewujudkan pilkada kota Dumai berkualitas, dengan metode penyampaian yang dialogis pada siswa yang hadir.

Pada saat yang sama Adi Sucipto selaku ketua Panwaslu Kecamatan Dumai Barat menyampaikan bahwa pemilih pemula yang notabene baru pertama kali menggunakan hak suaranya, tentunya membutuhkan informasi lengkap terkait tata cara maupun prosedurnya, termasuk jika menemukan dugaan pelanggaran, para pemilih pemula harus melakukan apa. Bagi Adi Sucipto peran ini penting dalam kesuksesan pemilihan walikota Dumai serentak 27 November tahun 2024  secara langsung dan demokratis. Ini menjadi kesempatan bagi pemilih pemula untuk memilih langsung pemimpin mereka, dengan menjunjung asas penyelenggaraan pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, kita berharap kesempatan yang diberikan negara ini dapat digunakan secara berkualitas.

Selanjutnya juga disampaikan oleh Almizon sebagai anggota Panwaslu Kecamatan Dumai Barat, menurutnya pemilih pemula juga ikut berperan aktif bukan hanya partisipasi Pengawasan tapi lebih wajib dari itu adalah memastikan telah masuk dalam daftar pemilih, dan jika ada yang belum masuk, bisa menghubungi jajaran pengawasan di tingkat kecamatan maupun kelurahan. Dan jika menemukan dugaan pelanggaran pemilihan siswa-siswi yang hadir di sini, yang sudah memiliki hak pilih, bisa memberikan informasi awal terkait dugaan pelanggaran yang terjadi, hal tersebut guna mencegah pelanggaran,

Mengakhiri pemaparan materi, Jaswadi anggota Panwaslu Kecamatan Dumai Barat, menjelaskan rincian jenis pemilihan pilkada dan pemilu, dan menekankan pada adik-adik siswa untuk benar-benar menggunakan hak pilih itu secara baik, dan menurutnya peran siswa bukan hanya sebatas memilih tapi juga mengawasi tahapan hingga akhir proses pemilihan nantinya.

Akhir acara, diisi dengan sesi tanya jawab dan pembagian bingkisan dari Bawaslu Kota Dumai dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait evaluasi penyampaian dari Anggota Panwaslu Kecamatan Dumai Barat. Dan menutupi semua sesi penyampaian, Ahmad Tamimi selaku perwakilan Bawaslu kota Dumai mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah SMA Binaan Khusus Kota Dumai dan jajaran majelis guru telah memberikan waktu untuk bersama mendidik pemilih pemula, semoga punya efek positif bagi pendewasaan sistem demokrasi kita kedepannya.

Reporter: Tamimi