Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Dumai gelar Bimtek Saksi Peserta Pemilu Tingkat Kecamatan

Bawaslu Dumai gelar Bimtek Saksi Peserta Pemilu Tingkat Kecamatan

Bawaslu Dumai gelar Bimtek Saksi Peserta Pemilu Tingkat Kecamatan

Bawaslu Dumai, Dumai-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Dumai menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Bagi Peserta Pemilu 2024 tingkat Kecamatan se- Kota Dumai. Sabtu (10/02/2024).

Berdasarkan undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pasal 351 ayat (8), Bawaslu berkewajiban memberikan pelatihan kepada saksi peserta Pemilu.

Sedikitnya,1.036 orang saksi peserta pemilu yang terdiri dari 3 orang dari masing-masing saksi 17 Partai Politik, 6 orang dari saksi Pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, serta 87 orang saksi dari Calon DPD, dan 4 orang peserta dari staf sekretariat Bawaslu Dumai di undang dalam kegiatan ini.

Kegiatan dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting. Kegiatan dimulai pada pukul 14.10 WIB.

Kegiatan di buka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Dumai, Agustri, S.H.I., M.E.Sy. sebelum kegiatan dimulai, Agustri menyampaikan permohonan maaf karena pelaksanaan kegiatan menggunakan zoom, hal ini disebabkan kegiatan dilaksanakan secara mendadak

"Kami mohon maaf kepada Bapak/Ibu karena kegiatan kita menggunakan zoom, perlu kami sampaikan bahwasanya Kemarin pada tanggal hari Senin tanggal 5 Februari 2024. Bawaslu Dumai telah melaksanakan kegiatan serupa di Hotel Grand Zuri Dumai. Namun ada perintah dari Bawaslu Provinsi, agar Bawaslu Kabupaten/Kota harus melakukan Bimtek saksi sampai dengan tingkat Kecamatan sebelum hari H." Ujarnya.

Kegiatan ini di pandu oleh Syaiful Azhar, S. Sos selalu staf sekretariat Bawaslu Dumai. Sedangkan narasumber kegiatan ini yaitu akademisi universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Suska) Riau, ibu Nuryanti, S.H.I., M.E.Sy.

Dalam penyampaian materi, Nuryanti mengajak kepada peserta yang merupakan saksi peserta pemilu, agar selalu menjaga kesehatan dan mensukseskan Pemilu 2024.

"Saya mengajak kepada Bapak/Ibu, mati kita sukseskan Pemilu 2024 dan jaga selalu kesehatan." Tutupnya. 

Reporter: Alfian