Lompat ke isi utama

Berita

Bahas Reformasi Birokrasi, Bawaslu RI Gelar Rakor Bersama Bawaslu se Provinsi Riau

Bawaslu Kota Dumai, Dumai - Bawaslu RI bersama Bawaslu Provinsi Riau dan Bawaslu Kabupaten/ Kota se Provinsi Riau rakor online tentang sosialisasi reformasi birokrasi berdasarkan penilaian evaluasi Tahun 2020 melalui aplikasi zoom meeting, Kamis, 11 Juni 2020.

Koordiv SDM, Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Kota Dumai Supratman menjelaskan Bahwa Rakor ini digelar sebagai tindaklanjut Surat Sekjen Bawaslu 021/Bawaslu/SJ/PW.06.00/IV/2020 tentang Pengisian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ( PMPRB) Online.

Rakor yang dihadiri oleh Bapak Rahman Mansyur, staf  Ahli bagian pengawasan internal dan tata laksana Bawaslu RI, sebagai pemateri membahas tentang penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi (PMPRB) 2020.

“PMPRB ialah penilaian kemajuan reformasi birokrasi yang dilakukan secara mandiri oleh pihak K/L dan nantinya akan dievaluasi oleh kementerian PAN-RB” jelas Mansyur pada kesempatan itu.

Lebih jauh Mansyur menjelaskan tentang pedoman evaluasi yang dimaksud, yakni evaluasi reformasi birokrasi (PermenPANRB 8/2019), evaluasi akuntabilitas kerja (PermenPANRB 12/2015) dan evaluasi zona integritas WBK/WBBM (PermenPANRB 10/2019).

Sesuai yang disampaikan Mansyur, ada 4 tahap PMPRB, yakni pertama Reform, kedua Kewajiban K/L, ketiga Mandatory, dan keempat adalah Hasil.

Dalam diskusi ini juga dibahas mengenai Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) tahun 2020 yang berpedoman pada Permenpan RB. Disebutkan Bawaslu Provinsi Riau akan menjadi salah satu Sample sebagai Penilaian Utama dalam PMPRB online berdasarkan Surat Keputusan Ketua Bawaslu NO. 0011.B/K.Bawaslu/OT.03/II/2020, adapun hasil analisis ini akan mulai dilaksanakan pada Bulan Juli-September 2020 .

Koordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Riau, Hasan, menambahkan ”Bahwa PMPRB Tahun 2020 merupakan Kali pertama dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota secara mandiri, dan Bawaslu Provinsi Riau akan menjadi salah satu unit kerja sebagai Penilian Utama dalam PMPRB, maka untuk itu diharapkan semua pihak dapat mendukung serta melaksanakan dengan sebaik baiknya dan penuh tangggung jawab, agar evaluasi ini bisa berjalan dengan baik” Imbuhnya.

Reporter : Rommi
Tag
Berita
Juni News